Minggu, 14 Oktober 2012

7 Olahan nasi paling gw suka

Nasi adalah makan khas asal Indonesia nasi yang merupakan salah satu kebutuhan pokok, mudah dijumpai diwarung-warung pinggir jalan bahkan ke restoran. Tapi taukah kalian ada berapa olahan nasi yang berasal dari indonesia. berikut adalah beberapa olahan yang berbahan dasar nasi yang menjadi masakan khas Asli Indonesia.


1. Nasi Goreng
Nasi goreng adalah sebuah makanan berupa nasi yang digoreng dan diaduk dalam minyak goreng atau margarin, biasanya ditambah kecap manis, bawang merah, bawang putih, asam jawa, lada dan bumbu-bumbu lainnya, seperti telur, ayam, dan kerupuk. Ada pula nasi goreng jenis lain yang dibuat bersama ikan asin yang juga populer di seluruh Indonesia.



2. Nasi Padang/Kapau
Nasi kapau mungkin biasa Anda santap saat berada di restoran Padang. Kapau memang merupakan nama salah satu kampung di Bukit Tinggi, Padang, Sumatra Barat. Dalam penyajiannya, nasi ini dilengkapi dengan gulai nangka, kol, dan kacang panjang. Sedangkan lauknya adalah gulai ikan, gulai usus, dan sambal hijau yang rasanya pedas.


3. Nasi Kucing
Nasi kucing (atau dalam bahasa Jawa dikenal dengan "segÄ kucing") bukanlah suatu menu tertentu tetapi lebih pada cara penyajian nasi bungkus yang banyak ditemukan pada warung angkringan. Dinamakan "nasi kucing" karena disajikan dalam porsi yang (sangat) sedikit, seperti menu untuk pakan kucing. Nasi kucing adalah sebentuk nasi rames, dengan menu bermacam-macam: tempe kering, teri goreng, sambal goreng, babat, bandeng, usus, kepala atau cakar ayam serta sate telur puyuh.

4. Nasi Ulam
Nasi ulam berasal dari kota Jakarta atau Betawi. Nasi ini biasa disajikan dengan bihun goreng, telur dadar, dan semur kentang.





5. Nasi Uduk
Ini mungkin sering menjadi salah satu menu sarapan Anda. Nasi uduk memang mudah ditemui. Rasanya yang gurih membuat banyak orang menyukainya. Untuk membuat nasi uduk, beras dicampur dengan santan yang ditambahkan rempah-rempah seperti jahe, daun salam, daun serai dan biji pala. Taburan bawang merah goreng biasa ditaburi diatas nasi uduk sebelum disantap. Akan terasa lebih nikmat jika disantap bersama ayam goreng, empal, tahu tempe goreng, udang goreng dan lalapan mentimun dan daun kemangi.

6. Nasi Kuning/Tumpeng
Sesuai namanya, nasi kuning berwarna kuning karena diberi kunyit sebagai pewarnanya. Mirip dengan nasi uduk. Biasa dijadikan tumpeng untuk perayaan. Pelengkapnya perkedel, telur, tempe kering, sambal goreng ati dan emping. Lalapan terdiri dari mentimun dan daun kemangi.





7. Nasi Langi
Campuran nasi langi yang berasal dari kota Cirebon ini adalah sambal goreng ati, tempe goreng kering, telur dadar yang diiris-iris dan ayam opor yang disuwir-suwir. Nasi ini terasa lezat karenga ditaburi dengan serundeng.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright 2009 Rizkon Halali
Semua hal yang ada di Rizkon Halali bersifat terbuka, dan mohon untuk mencantumkan tautan sumber jika diperbanyak.