Rabu, 10 Oktober 2012

Kasetku dulu, riwayatmu kini

Kalo ditanya tentang kaset apa sih yang ada di pikiran lo? jadul, klasik, hipster, atau malah enggak kenal? wah parah lo kalo sampe enggak kenal, kenalan dulu gih sono heeee...

"Compact Cassette, yang biasa disebut kaset, pita kaset, atau tape adalah media penyimpan data yang umumnya berupa lagu. Berasal dari bahasa Perancis, yaknicassette yang berarti "kotak kecil". Kaset berupa pita magnetik yang mampu merekam data dengan format suara. Dari tahun 1970 sampai 1990-an, kaset merupakan salah satu format media yang paling umum digunakan dalam industri musik." Wikipedia

Sejarah Kaset 
Kaset pertama kali diperkenalkan oleh Phillips pada tahun 1963 di Eropa dan tahun 1964 di Amerika Serikat, dengan nama Compact Cassette. Kemudian kaset semakin populer di industri musik selama tahun 1970-an dan perlahan-lahan menggeser piringan hitam. Produksi besar kaset diawali pada tahun 1964 di Hanover, Jerman. Pada awalnya, kualitas suara pada kaset ini tidak terlalu bagus untuk musik. Bahkan beberapa model awal tidak memiliki rancangan mesin yang baik. Pada tahun 1971, The Advant Corporation memperkenalkan model terbarunya, Model 201, yang menggabungkan Dolby tipe B pengurang gangguan (noise) dengan pita kromium dioksida. Oleh karena itulah kaset mulai dapat digunakan dalam industri musik secara serius, dan dimulailah era kaset berketepatan tinggi. Kira kira begitulah sejarah kaset yang gw dapet dari wikipedia.

Dijaman Digitalisasi sekarang ini hampir membuat era kaset berlahan tapi pasti mulai tenggelam, mulai dari 'serangan' CD/DVD portable atau lebih dikenal dengan Diskman sampai era iPod keluaran Apple. Format perekam suara kaset beralih ke digitalisasi dengan Format file .mp3 .mp4 .mov yang membuat penggunanya merasa lebih mudah untuk disimpan dan dibagi kepengguna lainnya.

Ini semua mengingatkan gw pada masa ke-Emasan kaset dimana gw seneng banget rekam lagu dari radio type ke kaset maklum dananya kurang hee... Klo pun ada pasti gw selektif untuk beli mana yang lebih gw  suka. emang enggak banyak kaset yang gw punya tapi di setiap kaset yang gw beli, gw belinya pake duit jajan gw yang gw kumpulin sedikit demi sedikit dan punya sejarahnya sendiri di setiap kasetnya.


Gw lupa mana kaset yang pertama yang gw beli tapi semua kaset masih tersimpan dengan baik di rak kaset gw, kecuali kaset yang di pinjem temen gw trus ampe sekarang blom di balikain. Ehh elo yang merasa minjem balikin dah sekarang, hahahahaa becanda deh, gw udah iklasin kok heee...

Klo dilihat pada gambar paling atas keliatan bangetkan selera musik gw beragam, dari Ska, Punk, Metal, Pop, Pop Rock, Grange ampe Pop-Alternatif, ya begitulah namanya juga pecinta musik kudu nerima banyak jenis musik kekuping. Enggak cuma selera tapi juga bisa dilihat lagi, gw lebih tertarik sama musik luar negri dibanding lokal, ya bisa dibilang  7:11, 7 lokal - 11 luar negri hahah tapi tetap jiwa ge Indonesia abisss...

Jaman SD
Nirvana(Nevermind), Jun Fun Gung Foo(Naga 2000), Tipe X(Ska Phobia).

Jaman SMP
Sheila On 7(Kisah Klasik Untuk Masa Depan), Blink 182(The Best Of), Slank(De Bestnya Slank), Padi(Sesuatu Yang Tertunda), Metalica(Black), Jamrud(Ningrat), Sum 41(All Killer No Filler).

Jaman SMA 
Nirvana(Eulogy For Kurt Cobain), Rancit(Indestructible), Sum 4(Does This Look Infected?), Green Day(International SuperHits), Red Hot Chili Papers(Greatest Hits), Superman Is Deat(Kuta Rock City), Good Charlotte(The Young And The Hopeless), Tatu(200 KM/H In The Wrong Line).

Jaman Kuliah dan Seterusnya
Enggak ada yang beli semuanya gratis alias tinggal Unduh hahahaa... Jaman penuh dengan dosa, ambil lagu orang lewat internet tanpa bersalah dan buaaanyak pula.

Kira-kira begitulah jaman klo udah berubah dari yang halal ampe haram tentang musik dan lagu. mungkinkah kembali era kaset? kayaknya enggak mungkin secara jaman udah berubah. Klo pun ada paling cuma para kolektor kaset aja yang nyari. Moga suatu saat mendatang kaset gw bisa dijual dengan harga tinggi bagi kolektor kaset atau mungkin diantara kalian ada yang berminat silahkan Hub. saya di 0818...bla... bla... hahahaaa

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright 2009 Rizkon Halali
Semua hal yang ada di Rizkon Halali bersifat terbuka, dan mohon untuk mencantumkan tautan sumber jika diperbanyak.