Selasa, 16 Oktober 2012

PC-ku Dari Generasi ke Generasi


PC(Personal Computer) atau biasa disebut juga komputer. Di jaman sekarang sudah menjadi kebutuhan primer terlebih lagi untuk orang yang bekerja dibidang TI(Teknik Informatika), maklum secara latar belakang pendidikan, gw ambil komputer(maksudnya jurusan waktu kuliah) he hee...

Biasanya orang yang mempunya latar belakang pendidikan atau orang yang sering mengunakan komputer punya banyak cerita tantang komputer dari yang seneng sampe yang sedih. Nah dipostingan kali ini gw mau berbagi cerita tentang komputer yang gw pake beserta sejarahnya. Sekarang perhatikan dulu table dibawah:

Item G ke-I G ke-II G  ke-III G  ke-IV G ke-V G  ke-VI G ke-N
Monitor
Keyboard
Mouse
Printer
Stabilizer -
CD/DVD Drive
Power Suplay
Battre Cmos
Harddisk
OS
G = Generasi

Oke kira-kira begitulah penjabaranya. Setiap barang yang diganti punya sejarahnya sendiri-sendiri, ada yang karna rusak, kelamaan dipake sampe salah pake Software. he hee...

Monitor
Monitor generasi pertama lumayan keren karna masih tabung ha ha haa... tapi sekarang diganti jadi LCD, aseeeek. Kayaknya emang kualitas dari monitor tabung yang jelek kw9xxx, saking jeleknya udah kena service sampe lebih dari 3x, gila lo bayangin aja klo sekali service 100-200 Ribuan di X tarolah 3 kali service = 600rb sedangkan harga LCD aja ada yang 1 Jutaan. Ya dari pada tekor 'kan mending kumpulin duit buat ganti monitor LCD.

Saran untuk memilih monitor. Di jaman yang makin cangih kayaknya selain canggih, apa-apa sudah mulai murah termasuk harga monitor daripada beli tabung, mendingan kumpulin aja duitnya dulu buat beli Lcd selain lebih hemat harga, hemat listrik, hemat tempat juga karna desainnya yang ramping dan ringan mudah untuk ditempatkan disudut ruang yang ukurannya sempit.

Keyboard
Dalam sejaranya keyboard baru 1 kali ganti, klise kalo ditanya kenapa diganti. Namanya juga masih baru beli komputer waktu itu, klo make komputer gak tanggung2 berjam-jam pernah suatu hari lagi seneng2nya ngoprek Coding bisa sampe 12jam tanpa henti, kacaukan haaa...

Untuk menjaga agar Keyboard bertahan lama umurnya, usahakan jangan meletakan keyboard dengan tempat yang banyak debu karna debu yang berterbangan akan masuk kesela-sela tombol keyboard. Selain karna debu, kotoran dari sisa makanan dan minuman(biasanya orang kantoran yang begini, hee) juga perlu diperhatikan, jangan menggunakan Keyboard dalam keadan tangan berlumuran sisa makanan sebaiknya cuci hingga bersih lalu bilas dengan air tangan anda yang kotor tadi sebelum menggunakan Keyboard.

Mouse
Mouse generasi pertama masih ada bola dibawahnya gak tau dah namanya apaan yang pasti So clasic, rusak gara-gara tombol scrollnya gak jalan bikin empet, ya ganti dah. Mouse kedua kecil, mungil, centil dan bisa berkelap-kelip ha ha haa... udah kayak bintang aja, saking kecilnya gak enak klo digenggam, pegel cuy. generasi ketiga nih rada berkesan 'Coz mousenya, hadiah waktu gw ikut lomba USB(Unlimited Software Building) waktu masih kuliah tingkat satu, sayang rusak gara-gara kabel diantara mousenya kayak ada yang putus, hix hix hix. Nah yang sekarang dipake dikasih ama kakak gw hee, sering error, discroll keatas malah gak jalan, kadang malah bawah. Aneh!

Kerusakan yang sering timbul dari mouse adalah scroll atau tombol tengah yang error biasanya karna terlalu keras menekannya, jadi jangan terlalu keras dan gunakan dengan hati-hati. Selain tombol scroll masalah lain yang selain dijumpai pada mouse, adalah kabel yang terlilit yang menyebabkan kawat dalam kabel mouse putus, masalah ini lebih sulit untuk diditeksi dimana kabel yang putusnya, untuk menghindarinya usahakan sewaktu menggunkan mouse jangan melilitkan kabel biarkan kabelnya terurai, panas yang disebabkan saat menggunakan mouse dapat memperbesar kemungkinan kawat dalam kabel cepat putus.

Printer
Punya satu dan sekarang error gara-gara jarang dirawat, abis dipake gak dibersihin. Maklum aja Printer satu yang make sekeluarga. Apalagi waktu masih sibuk2nya kerjain PI(Penulisan Ilmiah) bisa 100an sekali ngeprint.

Gunakan dengan bijak Printer yang anda gunakan untuk mengurangi resiko kerusakan. selain itu bersihkan Printer secara berkala terutama pada bagian antara tempat kotak tinta dan tatakan penahan kertas, karena disanalah letak tinta jika terjadi kebocoran akibat penggunaan yang secara berlebihan atau bisa juga menggunakan Infuse yang disesuaikan dengan model printer.

Stabilizer
Ini konyol banget rusaknya, salah nyoliokin kabel trus koslet. Lagi iseng manjangin kabel Stabilizer ternyata kabel positipnya(+) menyentuh sama negatif(-) pas nyolokin ziiiizt...trus nyimum bau angus dicek ternyata Stabilizernya koslet. he heee apes...

Human Error itu aja yang bisa gw sampaikan, sekian!.

CD/DVD Drive
Awal punya cuma bisa baca CD doang. Beruntung rusak, lah...kok untung, iya klo aja gak rusak mungkin sampe sekarang cuma bisa liat atau baca CD aja gak bisa nonton DVD. Entah rusaknya kenapa tiba-tiba aja gak kediteksi sama komputer bingung juga takut klo-klo komputer minta diinstal ulang padahal CD drivenya gak bisa kebaca di komputer. Ngerinya beralasan sih menurut gw waktu itu blom ada teknologi Install OS dari USB.

Saran untuk memperpanjang umur CD/DVD Drive. Setelah menggunakan  CD/DVD Drive ada baiknya jika dilakukan pembersihan dengan CD Cleaner dan bisa juga ditambahkan obat untuk CD Cleaner yang biasanya dijual ditoko-toko elektroik.

Power Suplay
Sempet biggung kenapa kok komputer gak nyala2 dari listrik oke, kabel2 kesambung pokoknya gak ada yang aneh deh, tapi setelah dicek lagi ketemu biang keroknya si Power Suplaynya rusak dan musti diganti, beruntung cepet tahu kerusakannya jadi gak menggangu tugas kuliah waktu itu.

Kerusakan pada PS biasanya karna terlalu berat beban daya listrik antara beban listrik yang mampu ditampug dengan daya listrik yang diterima. Gunakan dengan bijak contohnya, jika anda tidak butuh disket jangan biarkan disket terhubung dengan PS selain menghemat daya juga menghemat umur PS.

Battre Cmos
Selama punya komputer batre cmosnya baru dua kali ganti, sekarang masih aja suka muncul pesan sebelum kompute nyala 'Battre low' dan gw gak peduli...pencet F2 trus komputer nyala lagi, ha ha haaa...

Penting ya batrei Cmos? ya iyalah klo batreinya abis setiap kali nyalain komputer kita harus Set jamnya dari awal lagi, pokoknya repot deh lagian 'kan gampang nyari dan pemasangannya, murah pula harganya sekitar Rp 5000an aja.

Harddisk
Ini yang paling nyesek, banyak dokumen berharga gw ilang gara-gara gw salah pake software Tuneup utility 2006. Ceritanya gw lagi utak-atik pogram yang baru gw instal ini, disitu ada fitur 'DiskCleaner' gw cobalah tanpa cari tahu kegunaannya, setelah gw klik dan nunggu agak lama gk ada progres, langsung aja gw pencet tombol 'reset' di CPU dan alhasil...setelah gw klik, gak masuk ke Windows malah ke Bios. Alamak! kaget bukan kepalang waktu gw liat diinfonya 'Tidak ada Hardisk yang terpasang' padahal masih nempel tuh Hardisk, ya apes deh, semua data pentingnya ilang cuma beberapa dokumen kuliah aja yang terselamatkan karna sebelumnya pernah gw backup ke CD itu pun gak banyak.

Hikmahnya huff... (nafas panjang) baca aturan pakai... Ehh enggak deng becanda :D sebelum menggunakan Software apapun, ada baiknya kita cari tahu dahulu kegunaan software tersebut, mulai dari spesifikasi komputer sampai cara pengunaanya. Jangan sampai sekali klik nyeselnya sampe berbulan-bulan, heee...

OS
Disinilah tempat dosa-dosa pengguna OS Windows bajakan terkumpul. Udah bajakan gak ada lisensi ya iyalah gak ada lisensi namanya juga bajakan. Error dikit Install ulang. Udah gak keitung berapa banyak di Instal ulang tuh komputer, pokoknya 'CRTGH' lah ha ha haa.. Klo sering Instal ulang pasti tahu maknanya.

Solusinya gini klo gak mau repot2 Install ulang windows karna virus. Pasanglah Anti-virus yang sudah mumpuni atau sudah punya nama diantara Anti-virus2 lainnya dan atur secara berkala Updatennnya karna sayang klo udah Install Anti-virus tapi Databasenya udah 'Out Off Date'.

"Rawatlah apa yang kalian punya saat ini dan syukuri apa yang ada dengan menjaga dan menggunakannya secara wajar karna setelah 'mereka' tiada barulah sadar begitu berartinya 'mereka' dihatimu(maksudnya komputer)" ~ Rizkon Halali


0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright 2009 Rizkon Halali
Semua hal yang ada di Rizkon Halali bersifat terbuka, dan mohon untuk mencantumkan tautan sumber jika diperbanyak.