Minggu, 21 Oktober 2012

Saya kangen sama bang Doel

Sinetron merupakan Alternatif hiburan yang paling mudah dan murah, Tidak perlu repot-repot pergi ke bioskop lalu beli karcis, tinggal nyalakan Televisi plek! ada tuh sinetron, dari yang jam tayangnya pagi(biasanya telenovela) siang(biasanya FTV) sampe malem(biasanya sinetron yang gk ada habisnya, hee) dan hampir tengah malem(biasanya FTV juga sama dengan jam siang). Sinetron sudah mulai Buming dan punya penonton setianya dari tahun 90an, cerita yang disajikannya pun beragam dari masalah cinta, warisan sampai dendam. Di era 90an pasti sudah tidak asing lagi dengan yang namanya sinetron Si Doel Anak Sekolahan, Lupus, Takdir, Keluarga Cemara Dll.

Sinetron tahun 90an sama tahun 2010an memang jauh beda jika dibandingkan, dari kualitas cerita dan pemain, jika sinetron jaman sekarang ceritanya lebih kepada keinginan penonton dan biasanya monoton tidak jauh dari masalah cinta dan dendam atau persaingan dan minim akan pesan moral. Sebut saja sinetron unggulan RCTI seperti Yang Masih Dibawah Umur, Putri Yang Ditukar dan Tukang Bubur Naik Haji ke-tiga sinetron tersebut jauh dari pesan moral, lebih parahnya lagi di sinetron Tukang Bubur Naik Haji cenderung tema yang diangkat hanya persaingan dan permusuhan :(.

Bagi penonton yang sudah ehem... 'Dewasa' mungkin masih inget dengan sinetron Si Doel, sinetron yang sangat ditunggu-tunggu di tahun 90an, bukan karna pemainnya yang tampan dan cantik yang dijual, tapi tentang keluarga Betawi yang hidup sederhana dengan masalah yang umum ada dalam setiap keluarga. Banyak pesan moral yang bisa diambil dari sinetron tersebut, yang jarang kita temui disinetron sekarang- sekarang ini. Mulai dari belajar Iklas, hidup sederhana dan berdampingan.

Pemain utama:
Rano Karno(Kasdulah/Doel) Sebagai Si Doel
Benyamin S(Sabeni) Bapaknya Si Doel
(Lele) Ibunya Si Doel
Mandra(Mandra) Pamannya Si Doel
Atun(Atun) Adiknya Si Doel

Pemain pendukung:
Basuki Tetangga Si Doel
Tile Kakek Si Doel

Bagian paling berkesan

1. Si Doel jadi tukang Insinyur.
Ceritanya bermula ketika Si doel, Hans dan Sarah mengantar pulang Doel ke rumannya untuk menyampaikan kabar gembira klo Doel lulus kuliah. Sewaktu dikasih tahu ke bapaknya(Sabeni alias Benyamin)  bapaknya girang gak karu-karuan. Sampe tereak-tereak kegirangan bilang "woy anak gw jadi tukang insinyur". Secara gelar memang tidak ada istilahnya 'Tukang Insinyur' namun itulah improvisasi dari aktor kawakan kayak bang Benyamin S yang sebagai  bapaknya Doel. Inilah alasan saya masukan bagian ini diurutan nomor 1.
Episode 33 part 5/5

2. Sabeni tidak suka anaknya jadi supir.
Bermula ketika ada tamu temannya Doel mau ngambil mobil, dari tamunya itulah bapaknya dole tahu kalo si doel dikantor cuma jadi supir. Setelah si tamu pulang Doel ditanya sama bapaknya tentang kerjaanya yang jadi supir, abislah Doel dimarah marain setelah dia ngaku. Jujur bagian ini bagian yang menurut saya paling drama walau dimarahin sama  bapaknya Doel mencoba tegar begitu juga sang ibunya. Wajar saja Doel dimarahi sama  bapaknya Doel yang secara Akademis sudah sarjana tapi waktu kerja cuma jadi sopir. Setelah banyak pengorbanan yang dilakukan sama bapaknya dari jual tanah sampai menunda pergi haji. Sabarnya bang doel. :)
Episode 12 part 2/3

3. Ziarah ke lapangan sepak bola.
Dibagaian ini menurut saya adalah bagian paling kocak. hanya disinetron Si Doel Anak Sekolahan yang ada. Ziarah tapi ke lapangan sepakbola. Inti ceritanya adalah Sabeni bapaknya Si Doel pernah janji jika Doel sudah lulus kuliah Sabeni dan keluarga akan ziarah ke makam kakeknya Si Doel. Tapi apa boleh buat tanah bekas kuburan dan rumahnya dahulu sudah digusur dan dijadikan lapangan sepak bola, alhasil Doel dan keluarga berziarah ke lapangan sepak bola yang dahulunya tempat tinggal sabeni sewaktu kecil. Nah bagian yang tidak kalah kocak adalah di bagian akhir sabeni yang diusir sama pelatih sepak bola yang lagi latihan mengkritik atau sindiran ke PSSI yang kala itu tidak pernah menang jika bertanding bola dengan bilang ke pelatihnya "latihan-latihan, latihan mulu menangnye kagak!" wkwkwkwk....
Episode 8 part 5/5

4. Atun terjepit terompet.
Tidak kalah lucu sama bagain di sinetron si doel lainnya, kali ini tentang Atun yang terjepit terompet, mulainya cuma iseng si Atun memainkan terompet yang dititipkan sama saudaranya untuk dibetulkan sama si doel tapi malah jadi kejepit. Apesnya Atun, adalah sewaktu mencari dokter sampai tukang pijit untuk mengeluarkan tuh terompet naik Oplet di bagian belakang, dengan posisi badan Atun yang separuh masuk oplet separuhnya lagi diluar dan di tutupi oleh selimut, kocak dah, ha ha haa...
Episode 15 part 4/5

5. Bang Mandra nyani lagu "Munaroh... munaroh... ye ye ye ye".
Awalnya Mandra cuma iseng nyanyi-nyayi, setelah beberapa lama nyanyi datanglah musuh bebuyutannya mas Karyo(basuki), bermaksud untuk menyindir suara mandara yang menurutnya menggangu ledekan demi ledekan membuat bagian ini terasa hidup.
Episode 30 part 2/5



Nonton lagi yuk!
  • Episode 1&2 (cuplikan)
  • Episode 3: 1, 2, 3, 4, 5
  • Episode 4: 1, 2, 3, 4, 5
  • Episode 5: 1, 2, 3, 4, 5
  • Episode 6: 1, 2, 3, 4, 5
  • Episode 7: 1, 2, 3, 4, 5
  • Episode 8: 1, 2, 3, 4, 5
  • Episode 9: 1, 2, 3, 4
  • Episode 10: 1, 2, 3, 4
  • Episode 11: 1, 2, 3, 4
  • Episode 12: 1, 2, 3
  • Episode 13: 1, 2, 3, 4
  • Episode 14: 1, 2, 3, 4
  • Episode 15: 1, 2, 3, 4, 5
  • Episode 16: 1, 2, 3, 4
  • Episode 17: 1, 2, 3, 4, 5
  • Episode 18: 1, 2, 3, 4, 5
  • Episode 19: 1, 2, 3, 4, 5
  • Episode 20: 1, 2, 3, 4
  • Episode 21: 1, 2, 3, 4, 5
  • Episode 22: 1, 2, 3, 4, 5
  • Episode 23: 1, 2, 3, 4, 5
  • Episode 24: 1, 2, 3, 4, 5
  • Episode 25: 1, 2, 3, 4, 5
  • Episode 26: 1, 2, 3, 4, 5
  • Episode 27: 1, 2, 3, 4, 5
  • Episode 28: 1, 2, 3, 4, 5
  • Episode 29: 1, 2, 3, 4, 5
  • Episode 30: 1, 2, 3, 4, 5
  • Episode 31: 1, 2, 3, 4
  • Episode 32: 1, 2, 3, 4, 5
  • Episode 33: 1, 2, 3, 4, 5
  • Episode 34: 1, 2, 3, 4, 5
  • Episode 35: 1, 2, 3, 4, 5
  • Episode 36: 1, 2, 3, 4, 5
  • Episode 37: 1, 2, 3, 4, 5
  • Episode 38: 1, 2, 3, 4, 5
  • Episode 39: 1, 2, 3, 4, 5
  • Episode 40: 1, 2, 3, 4, 5
  • Episode 41: 1, 2, 3, 4, 5
  • Episode 42: 1, 2, 3, 4
  • Episode 43: 1, 2, 3, 4, 5
  • Episode 44: 1, 2, 3, 4, 5
  • Episode 45: 1, 2, 3, 4, 5
  • Episode 46: 1, 2, 3, 4
  • Episode 47: 1, 2, 3, 4, 5
  • Episode 48: 1, 2, 3, 4, 5
  • Episode 49: 1, 2, 3, 4, 5
  • Episode 50: 1, 2, 3, 4
  • Episode 51: 1, 2, 3, 4, 5
  • Episode 52: 1, 2, 3, 4, 5
  • Episode 53: 1, 2, 3, 4, 5
  • Episode 54: 1, 2, 3, 4, 5, 6
  • Episode 55: 1, 2, 3, 4, 5, 6
  • Episode 56: 1, 2, 3, 4, 5, 6
  • Episode 57: 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8
  • Episode 58: 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7
  • Episode 59: 1, 2, 3, 4, 5, 6
  • Episode 60: 1, 2, 3, 4, 5, 6
  • Episode 61: 1, 2, 3, 4, 5, 6
  • Episode 62: 1, 2, 3, 4, 5, 6
  • Episode 63: 1, 2, 3, 4, 5, 6
  • Episode 64: 1, 2, 3, 4, 5, 6
  • Episode 65: 1, 2, 3, 4, 5, 6
  • Episode 66: 1, 2, 3, 4, 5, 6
  • Episode 67: 1, 2, 3, 4, 5, 6
  • Episode 68: 1, 2, 3, 4, 5, 6
  • Episode 69: 1, 2, 3, 4, 5, 6
  • Episode 70: 1, 2, 3, 4, 5, 6
  • Episode 71: 1, 2, 3, 4, 5, 6
  • Episode 72: 1, 2, 3, 4, 5
  • Episode 73: 1, 2, 3, 4
  • Episode 74: 1, 2, 3, 4, 5, 6
  • Episode 75: 1, 2, 3, 4, 5, 6
  • Episode 76: 1, 2, 3, 4, 5, 6
  • Episode 77: 1, 2, 3, 4, 5, 6
  • Episode 78: 1, 2, 3, 4, 5, 6
  • Episode 79: 1, 2, 3, 4, 5, 6
  • Episode 80: 1, 2, 3, 4, 5, 6
  • Episode 81: 1, 2, 3, 4, 5, 6
  • Episode 82: 1, 2, 3, 4
Courtesy: SDASnostalgia90an & Youtube

4 komentar:

sitha maharsi mengatakan...

kog gk ada namanya adam stardust yg jadi hans sahabat'nya si doel..

Deni Sumantri mengatakan...

mantaps ane suka banget film si Doel,
request dong sinetron tahun 1999 (cinta) Desy Ratnasari, Primus, Atalarik

RAHAYU BELAKANG mengatakan...

Daftar Lagu Radja
Album Aku Ada Karena Kau Ada

01. Yakin - 5:20
02. Ikhlas - 3:58
03. Benci Bilang Cinta - 4:42
04. Terbaik - 4:28
05. Angin - 3:57
06. Pintu Terakhir - 3:26
07. Cintailah - 4:38
08. Pelangi - 3:05
09. Aku Ada Karena Kau Ada - 4:57
10. Tak Mampu Tersenyum - 3:51
11. C.M - 4:05
12. Tak Ada Yang Sempurna - 4:07

RAHAYU BELAKANG mengatakan...

Daftar Lagu Gita Gutawa
Album The Next Chapter

01. Bila Masih Cinta - 4:16
02. Rangkaian Kata - 4:15
03. Sunshine After Rain - 4:32
04. Hingga Akhir Waktu - 5:15
05. Scary Love - 4:17
06. Karenamu Bukan Aku - 4:03
07. Salah Tingkah - 4:25
08. Percuma - 4:30
09. Save Your Tears - 3:36
10. Rumahku - 5:16
11. It's Not Me It's You - 4:05

Posting Komentar

 
Copyright 2009 Rizkon Halali
Semua hal yang ada di Rizkon Halali bersifat terbuka, dan mohon untuk mencantumkan tautan sumber jika diperbanyak.